Read In Your Language

EnglishFrenchGermanSpain ItalianDutchRussianPortuguese KoreanJapaneseArabicChinese Simplified

Sabtu, 12 Juni 2010

Rahasia Dibalik Kemasan Minuman Energi


Semua Orang pasti pernah mengkonsumsi minuman yang satu ini... 

Minuman Energi merk apa sih yang sering kita minum ketika kita mengalami kehausan sehabis berolahraga atau fitness?
Lalu Bagaimana rasanya setelah meminum minuman itu?

Minuman Energi yang kita minum tadi tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan kita, bisa dikatakan sama halnya kita meminum minuman ringan lainnya, artinya minuman energi juga akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi.


Kenapa Bisa seperti itu yah??


Biasanya minuman energi itu mengandung kafein yang setara dengan secangkir kopi, ya kira-kira sekitar 8 ons. Bukan kafein saja yang harus diperhatikan dalam minuman ini, tapi juga banyaknya gula, pemanis, perasa seperti aroma buah dan juga herbal.

Memang setelah meminum minuman Energi tubuh kita pasti terasa segar dan tenaga seperti diisi ulang kembali ,akan tetapi kondisi ini hanya sementara. Benar kan?


Setelah itu badan kita terasa kering dari sebelumnya.


Berbahaya Karena?
Minuman yang paling baik memang hanya air murni saja, minuman energi jenis apapun tidak dapat menggantikan posisi air murni dalam memulihkan efek dehidrasi setelah beraktivitas.

Kalau kita melihat label kandungan nutrisi dikemasan luar botol, biasanya mengandung zat-zat mineral dan ion yang bermanfaat yang pada akhirnya kita terpikat untuk membeli minuman ini. Sebenarnya informasi pada label kandungan nutrisi itupun tidak banyak membantu membantu (memberi tahu kita secara lengkap). Karena zat lainnya diluar label mungkin telah dicampurkan dalam ukuran yang kecil.

Kafein
Yang kita tahu zat ini terdapat banyak dalam kopi,dan fungsimya sebagai diuretik dan stimulan.
Apa Anda pernah merasa gugup atau mudah marah, ini juga berhubungan dengan banyaknya kopi yang anda minum. Zat diuretik dalam kafein menyebabkan ginjal anda menghilangkan cairan cadangan (serep) dari tubuh Anda.

Jadi jangan pernah mengkonsumsi minuman energi saat berkeringat, bahayanya anda akan mengalami dehidrasi parah.


Bahan Yang digunakan :

Asam Amino:
Taurin


Ini bentuk asam amino bebas yang terkandung dalam makanan dan diproduksi dalam tubuh. Ini pertama kali ditemukan di empedu banteng, dan sekarang diproduksi secara sintetis. Dalam Uji penelitian ditemukan bahwa taurin mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kelelahan otot, dan memperbaiki kerusakan hati.Tetapi taurin tidak menambah energi melainkan mencegah kelelahan otot.

Karnitin
Asam amino yang membantu untuk metabolisme asam lemak.

 Herbal
Bagian ini merupakan inti dari sebuah minuman energi, tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai bahan ramuan pada minuman ini :
Ginseng
Manfaat:
Akar Ginseng dipercaya mampu meningkatkan mood, juga tingkat energi, dan menurunkan tingkat gula darah.

Efek Samping:
Dapat memperburuk insomnia,gugup, agitasi, diare, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan palpitasi jantung.


Panax ginseng dapat menurunkan kecepatan dan kekuatan denyut jantung, sehingga tidak boleh digunakan oleh orang yang menderita penyakit jantung kecuali dengan resep dokter.

Pantangan Konsumsi Ginseng Bagi:
1. Wanita hamil atau menyusui
2. Anak-anak
3. Orang yang memiliki penyakit hormon ketergantungan seperti endometriosis, fibroid rahim, atau kanker payudara, ovarium, rahim, atau prostat.

Pemakaian yang dianjurkan dalam studi penelitian adalah 200 mg sehari dari ekstrak ginseng standar. Tetapi beberapa ahli pengobatan tradisional merekomendasikan penggunaan ginseng tidak lebih dari tiga minggu sekali,dengan masa tenggang 1-2 minggu. Bagi orang yang mengkonsumsi Obat-obatan sebaiknya dengan resep dokter.

Ginko Biloba
Produk ini terbuat dari biji pohon ginko biloba,yang biasa digunakan untuk meningkatkan memori.


Bagian Utama dalam daun ginkgo dapat mempengaruhi pembekuan darah, meningkatkan frekuensi kejang-kejang
Pantangan Konsumsi Bagi:
1. Orang dengan gangguan pendarahan


2. Orang dengan epilepsi (pernah mengalami kejang-kejang)
Produk Daun Biloba dapat mempengaruhi tingkat gula darah, sehingga penderita diabetes seharusnya berada dibawah pengawasan dokter.
Keamanan dalam mengkonsumsi ginkgo pada wanita hamil atau menyusui dan anak-anak belum diketahui.

Inositol
Inositol bukanlah vitamin tapi merupakan bagian dari Vitamin B-kompleks yang membantu dalam menyampaikan impuls antara sel-sel.

Ekstrak Biji Guarana
memiliki kandungan kafein yang tinggi juga sebagai stimulan.

Guarana
Guarana dapat mengurangi nafsu makan, kelelahan, ketegangan otot, dan efek mabuk serta dapat mempertajam pandangan, Guarana juga bersifat stimulan.


Guarana menjadi sangat berbahaya ketika kita menggabungkan ini dengan pil diet ataupun efedrin


Julukan Rendah Carb
Kebanyakan Pemanis Buatan yang terdapat pada minuman energi menyebut diri mereka "rendah carb". Biasanya yang paling banyak digunakan adalah Ace-K atau kalium acesulfate dan Splenda.

Ace-K 
Acetoacetamide, merupakan produk rusak, telah ditunjukkan untuk mempengaruhi tiroid pada anjing, kelinci, dan tikus. Pengambilan 1% dan 5% acetoacetamide kedalam makanan selama 3 bulan dapat menyebabkan tumor tiroid jinak pada tikus.

Splenda
Menyebabkan:
1. Meningkatkan tingkat pH di dalam usus,
2. Mengurangi 50 persen jumlah bakteri baik dalam usus3. Mempengaruhi glikoprotein dalam tubuh
Lihat pada poin 2, bayangkan apabila bakteri baik anda berkurang hingga 50%, apa yang akan terjadi pada tubuh anda selanjutnya...

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini dan Semoga Bermanfaat. Silahkan menulis komentar hanya untuk memberi saran,pertanyaan, dan apresiasi, Terima Kasih Kembali...

Tidak ada komentar:

Pasang Iklan Gratis

Bukan Larangan

Protected by Copyscape Original Content Check Manusia lebih tinggi derajatnya dibanding mahluk lainnya, karena dikaruniai akal dan fikiran (edit jika di salin/Copy) Jangan lupa Cantumkan sumbernya : free-dollar-gratis.blogspot.com .Terima Kasih.. Semangat Blogger

Link Banner Friend