Read In Your Language

EnglishFrenchGermanSpain ItalianDutchRussianPortuguese KoreanJapaneseArabicChinese Simplified

Sabtu, 12 Juni 2010

Kebutuhan Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Apakah Anda seorang pekerja keras di depan layar komputer?


  Sayangilah mata anda,karena penglihatan Anda adalah sesuatu yang tak ternilai yang Anda miliki. Menjaga kondisi penglihatan tetap baik dan mata tetap sehat sepanjang hidup adalah salah satu hal penting.

Kerusakan mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:


  1. Menatap layar komputer atau menonton tv berjam-jam


  2. Posisi membaca atau melihat yang salah


  3. Polusi dan lingkungan (Matahari)


  4. Stress

Tips berdasarkan kondisi:

1. Jika Anda adalah Seorang Maniak Komputer, maka jauhkan monitor anda sekitar 5 sampai 9 inci di bawah penglihatan anda biasanya. Jarak sejauh ini berguna untuk memberikan kenyamanan berkedip dan mengurangi ketegangan yang diderita mata. Karena biasanya ketika seseorang bekerja pada komputer, frekuensi berkedipnya dibawah rata-rata normalnya.

Berkedip membantu mempertahankan tingkat kelembaban mata dan merupakan latihan yang baik untuk mata. Disini tips 20:20:20 juga bisa diterapkan untuk membantu mengurangi ketegangan mata yang disebabkan oleh terlalu banyak waktu menatap monitor. Yang artinya Setiap dua puluh menit berpaling dari komputer dan memperbaiki pandangan Anda sekitar 20 meter jauhnya selama 20 detik. Ini akan membantu menjaga mata tetap terfokus. Percikan air dingin ke mata juga dapat meredakan ketegangan mata .

2. Bagi yang suka travelling atau jalan-jalan, jangan lupa untuk selalu memakai kacamata hitam. Sinar UV matahari bukan hanya merusak mata tetapi juga kulit Anda. Dokter spesialis mata mengatakan bahwa pakailah kacamata hitam di hari yang cerah atau hari berawan. Awan sebagian dapat menghalangi sinar matahari, tetapi tidak untuk sinar UV, karena sinar UV dapat menembus awan, bahkan walaupun Anda memakai lensa kontak UV yang diproteksi.



Tips untuk dikerjakan:

1. Mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi. Sistem pencernaan yang sehat dapat berimbas kepada kesehatan mata anda.

2. Minum banyak air. Minum sekitar 8-12 gelas air sehari. Pandangan berkabut mungkin karena asupan air tidak mencukupi.

3. Berolahraga secara teratur. Olahraga membantu menjaga sirkulasi darah secara optimal dan memastikan bahwa mata menerima pasokan darah yang mengandung oksigen.

4. Upayakan istirahat yang cukup, karena kurang tidur dapat menyebabkan mata tampak lelah dan kurang bercahaya, ini menyebabkan apa yang kita kerjakan pada keesokan hari tidak maksimal.

5. Hindari Merokok dan konsumsi alkohol. Merokok dapat merugikan kesehatan secara keseluruhan, terutama kesehatan mata. Asap mengganggu mata dan akhirnya dapat mempengaruhi berfungsinya mata. Hal yang sama juga berlaku untuk alkohol. Terlalu banyak alkohol juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin A.

6. Hindari menggosok mata. Jangan menggosok mata lelah, karena setiap iritasi mata dapat merusak permukaan mata. Sebaiknya Pijat kelopak mata Anda dengan gerakan sirkulasi.

7. Hindari pemakaian lensa kontak yang berlebihan diluar masa pemakaian yang dianjurkan perhari. pada umumnya lensa kontak tidak dirancang untuk dipakai selama lebih dari dua belas jam sehari, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat menyebabkan kerusakan mata.



Makanan yang menunjang:




Salah satu cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi yang tepat, guna mendukung kesehatan mata yaitu dengan konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Vitamin dan mineral, seperti, Vitamin A, C dan E, seng, selenium, manfaat asam folat menyehatkan secara keseluruhan, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Wortel, kacang hijau, kubis, pepaya, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti brokoli, selada, collard hijau, lobak. semua kaya akan beta karoten dan merupakan nutrisi mata .Hati, daging sapi tanpa lemak, kuning telur dan makanan laut juga sehat untuk mata.

Bilberry
Buah yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mendukung kesehatan mata. Nutrisi ini dapat membantu melindungi terhadap kelelahan mata dan kelelahan. Bilberry juga mendukung sirkulasi darah sehat untuk mata.

Vitamin
Berbagai vitamin A, C dan E merupakan antioksidan. Vitamin A terkenal karena perannya dalam mendukung kesehatan mata. Vitamin C gizi membantu dalam regenerasi sel dan mendukung jaringan pembuluh darah sehat. Ketiga vitamin ini dapat membantu melindungi tubuh, termasuk mata, dari radikal bebas. Vitamin A mendukung regenerasi rhodopsin-yang ditemukan dalam sel-sel batang dari mata manusia.


Karotenoid
Karotenoid adalah antioksidan kuat juga. Mereka juga gizi melindungi sel dari radikal bebas. Karotenoid, khususnya beta-karoten, yang diyakini untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan. Beta-karoten adalah bagian utama vitamin A dalam tubuh. dan merupakan konsentrasi yang tinggi akan karotenoid tertentu yang ditemukan di mata. Makan makanan yang memiliki jumlah lebih besar dari karotenoid dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Tomat
Lycopene ditemukan dalam tomat, tomat diolah mengandung konsentrasi yang lebih tinggi lycopene. Lycopene membantu untuk mempertahankan penglihatan secara optimal.

Bayam, Kacang Polong, Brokoli
Makanan seperti ini mengandung Lutein dan Zeaxanthin

Lutein ditemukan di tengah retina, yang disebut macula. . Sering disebut, "kacamata hitam alami", lutein melindungi mata dari cahaya di biru di bawah sinar matahari, lampu neon, cahaya las, dan cahaya dipancarkan dari televisi dan layar komputer.


Zeaxanthin, seperti lutein, ditemukan di makula dalam konsentrasi tinggi. Lutein dan zeaxanthin sering ditemukan dalam kombinasi dalam sayuran yang sama.

Ikan, Kacang (terutama kacang brasil)
Makanan ini kaya akan selenium. Selenium diperlukan untuk penyerapan Vitamin E.

Daging, Ikan dan Susu
Seng banyak ditemukan di dalam makanan yang kaya protein,


Semua jenis daging dan ikan mengandung seng
zinc sangat terkonsentrasi di retina. Sangat penting untuk oksidasi dan metabolisme. Zinc juga bertanggung jawab atas pelepasan Vitamin A dari hati.

Sayuran berdaun hijau, Sereal gandum, Daging organ dan Kacang.
merupakan sumber makanan yang mengandung tembaga
Tembaga dibutuhkan untuk asimilasi seng.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini dan Semoga Bermanfaat. Silahkan menulis komentar hanya untuk memberi saran,pertanyaan, dan apresiasi, Terima Kasih Kembali...

2 komentar:

PUTRY YANG CANTICK HELP ME... mengatakan...

terimaksh infonya...yo bgni lho ngsh inf kesehtan...kalo da ksh tau y pa ...obt alami buat pria dwsa agar sexnya bs tahn lma...? mf tp ni penting

Unknown mengatakan...

aku juga pemakai internet berat nih, mata suk sakit. thanks ya infonya.. tapi kalo bisa tamplateny di ganti aja. berat baget jalannya. maaf ya..

Pasang Iklan Gratis

Bukan Larangan

Protected by Copyscape Original Content Check Manusia lebih tinggi derajatnya dibanding mahluk lainnya, karena dikaruniai akal dan fikiran (edit jika di salin/Copy) Jangan lupa Cantumkan sumbernya : free-dollar-gratis.blogspot.com .Terima Kasih.. Semangat Blogger

Link Banner Friend